A great WordPress.com site

 

 

DESAIN INSTRUKSIONAL

 

MATA KULIAH : KESEHATAN REPRODUKSI

NOMOR KODE : IKU 2219

BEBAN SKS : 2 SKS

 

 

diajukan guna memenuhi tugas mata kuliah Pendidikan dalam Keperawatan

 

 

 

 

oleh

ALVIVO DARMA CHANDRA

NIM : 102310101092

 

 

 

 

 

 

KEMENTERIAN PENDIDIKAN NASIONAL

PROGRAM STUDI ILMU KEPERAWATAN

UNIVERSITAS JEMBER

2012

HALAMAN PENGESAHAN DESAIN INSTRUKSIONAL

 

 

  1. 1.      Identitas Mata Kuliah
    1. Nama Mata Kuliah            : Kesehatan Reproduksi
    2. Nomor Kode/ SKS           : IKU 2219/ 2 SKS
    3. Bidang Ilmu                      : Kebidanan
    4. Status Mata Kuliah           : Wajib
  1. 2.      Koordinator/ Pembina Mata Kuliah
    1. Nama                                 : Muryati Indah, Amd. Keb
    2. NIP                                   : 19760629 2005 011001
    3. Pangkat/golongan             : Penata Muda Tk 1/IIB
    4. Fakultas/Program Studi    : D3 Kebidanan
    5. Universitas                        : Akademi Kebidanan Bina Husada
  1. Jumlah Pengajar                   : 6 Orang

Jember, Mei 2012

Menyetujui

Sekertaris 1 Kebidanan                                                           Koodinator/Pembina Mata Kuliah

Akademi Kebidanan Bina Husada

Indrawati, Amd Keb.                                                             Muryati Indah, Amd. Keb.

NIP. 19760550 2005011001                                                  NIP. 19800983 2007012390

Diketahui Oleh

Dekan Akademi Kebidanan Bina Husada

dr. Soemarmo, Sp. OG

NIP. 19650583 2002011034

KATA PENGANTAR

 

Puji syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa, atas segala pertolonganNya, sehingga “Desain Instruksional Mata Kuliah Kesehatan Reproduksi” dapat kami selesaikan.

Penyusunan Desain Instruksional Mata Kuliah Kesehatan Reproduksi ini tidak lepas dari bantuan berbagai pihak, oleh karena itu penulis ingin menyampaikan ucapan terima kasih kepada:

  1. dr. Sujono Kardis, Sp. KJ, selaku ketua Program Studi Ilmu Keperawatan Universitas Jember
  2. Ns. Roymond H. Simamora, M.Kep, selaku pembimbing mata kuliah Pendidikan dalam Keperawatan
  3. Semua Pihak yang tidak dapat disebutkan satu per satu

Desain ini disusun berdasarkan pemikiran dan rencana pembelajaran, yang ditujukan dapat dilaksanakan sehingga hasilnya diketahui untuk mengambil langkah pembinaan selanjutnya. Kritik dan saran kami harapkan untuk kesempurnaan dari desain instruksional ini, akhir kata kami ucapkan terima kasih.

Penyusun

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

DAFTAR ISI

Halaman sampul i

Halaman pengesahan ii

Kata pengantar iii

Daftar isi iv

Rancangan instruksional 1

  1. Identitas mata kuliah 1

1.1  Keterkaitan dengan kompetensi yang akan dibangun 2

1.2 Pengguna Terkait 2

1.3 Sasaran 2

2. Analisis Instruksional 3

3. Silabus Mata Kuliah 5

4. Jadwal Pertemuan 8

5. Review Pengemasan Mata Kuliah 13

6. Kontrak Perkuliahan 19

7. Rencana Pembelajaran 27

Lampiran 55

 

 

 

 


 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

RANCANGAN INSTRUKSIONAL

  1. 1.  IDENTITAS MATA KULIAH

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 


  1. 1.      IDENTITAS MATA KULIAH

 

Mata Kuliah               : Kesehatan Reproduksi

No Kode                     : IKU 2219

SKS                             : 2 SKS Teori

Semester                     : II (Genap)

Status Mata Kuliah   : Wajib

Program Studi           : Kebidanan

Universitas                 : Akademi Kebidanan Bina Husada

 

1.1  Keterkaitan dengan kompetensi yang akan dibangun

Bidan masa kini dituntut untuk menggunakan metode pendekatan pemecahan masalah (problem solving approach) didalam memberikan asuhan kebidanan kepada pasien. Bidan memiliki peraran penting dalam masyarakat, selain berperan sebagai pendidik, bidan harus mampu memberikan pelayanan dalam klinik. Oleh karena iu mata kuliah Kesehatan Reproduksi perlu dipelajari oleh mahasiswa kebidanan karena mata kuliah ini merupakan tahap pertama dalam memberikan pendidikan tentang reproduksi.

 

1.2  Pengguna Terkait

Ditinjau dari kebutuhan kebidanan, ruang lingkup Kesehatan reproduksi dapat dikembangkan berdasarkan Asuhan Kebidanan, dimana pada mata kuliah ini akan membahas tentang kesehatan reproduksi manusia dari berbagai usia hingga dapat mengaplikasikan asuhan kebidanan berdasarkan dengan teori Kesehatan reproduksi yang telah dipelajari.

1.3  Sasaran

Sasaran pembelajaran mata kuliah ini adalah mahasiswa semester II D3 Kebidanan Bina Husada.

  1. 2.  ANALISIS INSTRUKSIONAL

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

  1. 2.      ANALISIS INSTRUKSIONAL

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

  1. 3.  SILABUS

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

  1. 3.      SILABUS MATA KULIAH

Mata Kuliah                           : Kesehatan Reproduksi

Kode Mata Kuliah                 : IKU 2219

Kredit                                     : 2 SKS (1 Teori dan 1 Praktek)

Semester                                 : II (Genap)

Penanggung Jawab               : Muryati Indah, Amd. Keb

 

  1. a.    Standar kompetensi

Mahasiswa mampu berpikir sistematis dan komprehensif dalam memahami teori dan konsep Kesehatan Reproduksi.

 

  1. b.      Kompetensi  dasar

Seteah mengikuti kegiatan pembelajaran kesehatan reproduksi mahasiswa akan mampu:

  1. Menjelaskan tentang konsep kesehatan reproduksi.
  2. Menjelaskan sejarah kesehatan wanita di Indonesia.
  3. Menjelaskan kesehatan wanita sepanjang siklus kehidupan ditinjau dari aspek biologis, psikologis, sosiologis, dan spiritual.
  4. Melakukan pemantauan tumbuh kembang wanita sepanjang daur kehidupannya, gangguan/ permasalahannya.
  5. Menjelaskan dimensi sosial wanita dan permasalahannya.
  6. Menguraikan kesehatan reproduksi dalam perspektif gender.
  7. Melaksanakan upaya promotif dan preventif menurut Leavel dan Clark.
  8. Menjelaskan indikator status kesehatan wanita

 

  1. c.    Deskripsi materi

Mata kuliah ini membahas tentang teori dan konsep kesehatan reproduksi secara umum, kesehatan wanita sepanjang daur/siklus kehidupannya yang meliputi sejarah, perkembangan wanita dalam aspek biologis, psikologis, sosiologis, dan spiritual, kesehatan reproduksi dalam perspekrif gender dan permasalahannya, serta indikator kesehatan wanita.

  1. d.   Kegiatan pembelajaran

ceramah dan tanya jawab   : 14 x 100 menit

  1. e.    Penilaian
  2. Penugasan;
  3. UTS dan UAS
  1. f.     Referensi
  • Buku utama
  1. Prof. IBG Manuaba. 1999. Memahami Kesehatan Reproduksi Wanita. Jakarta: EGC
  • Buku penunjang
  1. Dwi Maryamati, dkk. 2009. Buku Ajar Kesehatan Reproduksi Teori dan Praktikum. Yogyakarta: Nuha Medika
  2. Hanifa, dkk. 1999. Ilmu Kandungan. Jakarta: YBP-SP
  3. Prof. IBG Manuaba. 1998. Ilmu Kebidanan, Penyakit Kandungan dan KB untuk Pendidikan Bidan. Jakarta: EGC
  4. Yani Widyastuti, dkk. 2009. Kesehatan Reproduksi. Yogyakarta: Fitramaya
  5. Wahid Iqbal M, dkk. 2007. Promosi Kesehatan. Yogyakarta: Graha Ilmu
  6. Varney H. 1997. Varney’s Midwifery. Third Edition. Bandung: Sekeloa Publisher

\

  1. 4.  JADWAL PERTEMUAN
  1. 4.      Jadwal Pertemuan

 

  1. 1.      Jadwal Pembelajaran

Hari         :  Senin

Pukul       :  07.00 s.d 08.40 WIB

No

Tanggal Pertemuan

Materi dan Metode Pembelajaran

Sub Materi

Pengajar

1

28/01/2013

Konsep Kesehatan Reproduksi (Teori)
  1. Definisi Kesehatan Reproduksi.
  2. Ruang lingkup Kesehatan Reproduksi dalam siklus kehidupan
  3. Hak-hak reproduksi
Muryati Indah, Amd. Keb

2

04/02/2013

Sejarah kesehatan wanita di Indonesia (Teori)
  1. Asuhan Kesehatan Reproduksi pada remaja.
  2. Melibatkan wanita dalam pengambilan keputusan
Muryati Indah, Amd. Keb

3

11/02/2013

Kesehatan wanita sepanjang siklus kehidupan (Teori)
  1. Siklus kesehatan wanita, konsepsi, bayi, dan anak, remaja, dewasa, usia lanjut
  2. Perubahan yang terjadi pada setiap tahap
  3. Faktor-faktor yang mempengaruhi
Indrawati, Amd Keb

4

18/02/2013

Pemantauan tumbuh kembang waniita sepanjang daur kehidupannya
  1. Aspek fisik dan psikososial yang dikaji dalam setiap tahap kehidupan
  2. Indikator pemantauan
Indrawati, Amd Keb

5

25/02/2013

Masalah gangguan pada kesehatan (Teori)
  1. Infertilitas
  2. Seksual Transmitted Deseases (STD)/ infeksi Menular Seksual (IMS)
  3. Gangguan haid pre
  4. Pelvic Inflamatry Desease (PID)
  5. Unwanted Pregnancy dan aborsi
  6. Hormon Replacement Therapy (HRT)
  7. Skrining untuk keganasan dan penyakit sistemik
dr. Soemarmo, Sp. OG

6

04/03/2013

7

11/03/2013

UTS (18-29 Maret 2013)

8

01/04/2013

Dimensi sosial dan permasalahannya

(Presentasi)

  1. Status sosial wanita.
  2. Nilai wanita
  3. Peran wanita
  4. Permasalahan kesehatan wanita dalam dimensi sosial dan upaya mengatasinya :
    1. Kekerasan
    2. Perkosaan
    3. Pelecehan seksual
    4. Single parent
    5. Perkawinan usia muda dan tua
    6. Wanita ditempat kerja
    7. Incest
    8. Home less
    9. Wanita di pusat rehabilitasi
    10. Pekerja seks komersial
    11. Drug abuse
    12. Pendidikan
    13. upah
Mubarokah A, AMd. Keb.

9

08/04/2013

10

15/04/2013

11

22/04/2013

Kesehatan reproduksi dalam perspektif gender (Teori)
  1. Seksualitas dan gender
  2. Budaya yang berpengaruh terhadap gender
  3. Diskriminasi gender
  4. Seksualitas dan gender
  5. Budaya yang berpengaruh pada diskriminasi gender
Nur Hasanah, AMd. Keb.

12

6/05/2013

Upaya promotif dan preventif menurut Leavel dan Clark (Teori)
  1. Health promotion
  2. Specific protection
  3. Early diagnosis and promotif treatment
  4. Disabilitation
  5. Rehabilitation
dr. Asmak Afri, Sp. OG

13

29/04/2013

14

06/05/2013

Indikator status kesehatan wanita (Teori)
  1. Pendidikan
  2. Penghasilan
  3. Usia harapan hidup
  4. Angka kematian ibu
  5. Tingkat kesuburan
dr. Asmak Afri, Sp. OG

UAS (13-24 Maret 2013)

Jember, 7 Mei 2012

Koordinator Mata Kuliah,

………………………………..

NIP.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

  1. 5.   REVIEW PENGEMASAN MATA KULIAH

 

 

 

 

 

 

 

 

 


5. Review Pengemasan Mata Kuliah

 

No.

Kompetensi

Dasar

Pengalaman Belajar

Materi dan rincian

Kegiatan Pembelajaran

Penilaian

Waktu

TM

TS

TMD

1

Konsep Kesehatan Reproduksi
  1. Definisi Kesehatan Reproduksi.
  2. Ruang lingkup Kesehatan Reproduksi dalam siklus kehidupan
  3. Hak-hak reproduksi

Ceramah

Post Test 480 120 120

2

Sejarah kesehatan wanita di Indonesia (Teori)
  1. Asuhan Kesehatan Reproduksi pada remaja.
  2. Melibatkan wanita dalam pengambilan keputusan

Ceramah

Post Test 480 120 120

3

Kesehatan wanita sepanjang siklus kehidupan (Teori)
  1. Siklus kesehatan wanita, konsepsi, bayi, dan anak, remaja, dewasa, usia lanjut
  2. Perubahan yang terjadi pada setiap tahap
  3. Faktor-faktor yang mempengaruhi

Ceramah

Post Test 480 120 120

4

Pemantauan tumbuh kembang waniita sepanjang daur kehidupannya
  1. Aspek fisik dan psikososial yang dikaji dalam setiap tahap kehidupan
  2. Indikator pemantauan

Ceramah

Post Test 480 120 120

5

Masalah gangguan pada kesehatan (Teori)
  1. Infertilitas
  2. Seksual Transmitted Deseases (STD)/ infeksi Menular Seksual (IMS)
  3. Gangguan haid pre
  4. Pelvic Inflamatry Desease (PID)
  5. Unwanted Pregnancy dan aborsi
  6. Hormon Replacement Therapy (HRT)
  7. Skrining untuk keganasan dan penyakit sistemik

Ceramah

Post Test 480 120 120

6

Ceramah

Post Test 480 120 120

7

Ceramah

Post Test 480 120 120

8

Dimensi sosial dan permasalahannya

(Presentasi)

  1. Status sosial wanita.
  2. Nilai wanita
  3. Peran wanita
  4. Permasalahan kesehatan wanita dalam dimensi sosial dan upaya mengatasinya :
    1. Kekerasan
    2. Perkosaan
    3. Pelecehan seksual
    4. Single parent
    5. Perkawinan usia muda dan tua
    6. Wanita ditempat kerja
    7. Incest
    8. Home less
    9. Wanita di pusat rehabilitasi
    10. Pekerja seks komersial
    11. Drug abuse
    12. Pendidikan
    13. upah

Presentasi

Review 480 120 120

9

Presentasi

Review 480 120 120

10

Presentasi

Review 480 120 120

11

Kesehatan reproduksi dalam perspektif gender
  1. Seksualitas dan gender
  2. Budaya yang berpengaruh terhadap gender
  3. Diskriminasi gender
  4. Seksualitas dan gender
  5. Budaya yang berpengaruh pada diskriminasi gender

Ceramah

Post Test 480 120 120

12

Upaya promotif dan preventif menurut Leavel dan Clark
  1. Health promotion
  2. Specific protection
  3. Early diagnosis and promotif treatment
  4. Disabilitation
  5. Rehabilitation

Ceramah

Post Test 480 120 120

13

Ceramah

Post Test 480 120 120

14

Indikator status kesehatan wanita
  1. Pendidikan
  2. Penghasilan
  3. Usia harapan hidup
  4. Angka kematian ibu
  5. Tingkat kesuburan

Ceramah

Post Test 480 120 120

 

 

 

 

 

 

 

 


 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

  1. 6.  KONTRAK PERKULIAHAN

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

  1. 6.      KONTRAK PERKULIAHAN

 

Mata Kuliah                           : Kesehatan Reproduksi

Kode Mata Kuliah                 : IKU 2219

SKS                                         : 2 SKS Teori

Semester                                 : II (Genap)

Status Mata Kuliah               : Wajib

Program Studi                       : Kebidanan

Pembina Mata Kuliah           : Muryati Indah, Amd. Keb

Hari Pertemuan/jam             : Senin, 07.00-08.40 WIB

Tempat Pertemuan               : Ruang Kuliah 1

 

  1. 1.      Manfaat Mata Kuliah

 

Setelah mengikuti mata kuliah Kesehatan Reproduksi ini, mahasiswa mempunyai pemahaman tentang teori dan konsep Kesehatan Reproduksi secara umum, kesehatan wanita sepanjang daur/siklus kehidupannya yang meliputi sejarah, perkembangan wanita dalam aspek biologis, psikologis, sosiologis, dan spiritual, kesehatan reproduksi dalam perspekrif gender dan permasalahannya, serta indikator kesehatan wanita.

 

  1. 2.      Deskripsi Mata Kuliah

 

Mata kuliah ini membahas tentang teori dan konsep kesehatan reproduksi secara umum, kesehatan wanita sepanjang daur/siklus kehidupannya yang meliputi sejarah, perkembangan wanita dalam aspek biologis, psikologis, sosiologis, dan spiritual, kesehatan reproduksi dalam perspekrif gender dan permasalahannya, serta indikator kesehatan wanita.

  1. 3.      Standar Kompetensi Mata Kuliah

Mahasiswa mampu berpikir sistematis dan komprehensif dalam memahami teori dan konsep Kesehatan Reproduksi.

  1. 4.    Kompetensi Dasar Mata Kuliah

 

  1. Menjelaskan tentang konsep kesehatan reproduksi.
  2. Menjelaskan sejarah kesehatan wanita di Indonesia.
  3. Menjelaskan kesehatan wanita sepanjang siklus kehidupan ditinjau dari aspekbiologis, psikologis, sosiologis, dan spiritual.
  4. Melakukan pemantauan tumbuh kembang wanita sepanjang daur kehidupannya, gangguan/ permasalahannya.
  5. Menjelaskan dimensi sosial wanita dan permasalahannya.
  6. Menguraikan kesehatan reproduksi dalam perspektif gender.
  7. Melaksanakan upaya promotif dan preventif menurut Leavel dan Clark.
  8. Menjelaskan indikator status kesehatan wanita

 

  1. 5.      Strategi Perkuliahan

 

Kegiatan pembelajaran meliputi kuliah, diskusi, simulasi. Mahasiswa dibuat kelompok kecil sebagai presentasi makalah dan melakukan diskusi materi yang akan diberikan serta mempraktekkan dengan memainkan peran sesuai dengan tindakan kebidanan.

 

  1. 6.    Referensi Mata Kuliah

 

  1. Prof. IBG Manuaba. 1999. Memahami Kesehatan Reproduksi Wanita. Jakarta: EGC
  2. Dwi Maryamati, dkk. 2009. Buku Ajar Kesehatan Reproduksi Teori dan Praktikum. Yogyakarta: Nuha Medika
  3. Hanifa, dkk. 1999. Ilmu Kandungan. Jakarta: YBP-SP
  4. Prof. IBG Manuaba. 1998. Ilmu Kebidanan, Penyakit Kandungan dan KB untuk Pendidikan Bidan. Jakarta: EGC
  5. Yani Widyastuti, dkk. 2009. Kesehatan Reproduksi. Yogyakarta: Fitramaya
  6. Wahid Iqbal M, dkk. 2007. Promosi Kesehatan. Yogyakarta: Graha Ilmu
  7. Varney H. 1997. Varney’s Midwifery. Third Edition. Bandung: Sekeloa Publisher
  1. 7.    Kriteria Penilaian Mata Kuliah

 

1)      Nilai akhir diambil dari penjumlahan nilai UTS, UAS, tugas mandiri, soft skills, dengan bobot:

  1. UTS                        : 40% (Teori 75%)
  2. UAS                       : 40% (Teori 75%)
  3. tugas mandiri          : 10%
  4. soft skill                   : 10%

2)      mahasiswa dibolehkan mengikuti ujian 75% menghadiri perkuliahan

3)      sistem penilaian yang digunakan sesuai dengan pedoman akademik dan  akademi Kebidanan Bina Husada tahun akademik 2013-2014.

  1. 8.    Jadwal Perkuliahan

Hari    : Senin

Pukul  : 07.00 s.d. 08.40 WIB

Pertemuan

Tujuan Intruksional Khusus

Pokok Bahasan

Sub Pokok Bahasan

Daftar Pustaka

1-2

Mahasiswa mampu menjelaskan konsep kesehatan reproduksi dan sejarah kesehatan wanita di Indonesia Konsep kesehatan reproduksi

Sejarah kesehatan wanita di Indonesia

  1. Definisi Kesehatan Reproduksi.
  2. Ruang lingkup Kesehatan Reproduksi dalam siklus kehidupan
  3. Hak-hak reproduksi
  4. Asuhan Kesehatan Reproduksi pada remaja.
  5. Melibatkan wanita dalam pengambilan keputusan.
1,2,3,4,5

3-4

Mahasiswa mampu menjelaskan Kesehatan wanita sepanjang siklus kehidupan dan

Pemantauan tumbuh kembang wanita sepanjang daur kehidupannya

Kesehatan wanita sepanjang siklus kehidupan ditinjau dari aspek biologis, psikologis, sosiologis, dan spiritual

Pemantauan tumbuh kembang wanita sepanjang daur kehidupannya,

  1. Siklus kesehatan wanita, konsepsi, bayi, dan anak, remaja, dewasa, usia lanjut
  2. Perubahan yang terjadi pada setiap tahap
  3. Faktor-faktor yang mempengaruhi
  4. Aspek fisik dan psikososial yang dikaji dalam setiap tahap kehidupan
  5. Indikator pemantauan
1,2,3,4,5

5-7

Mahasiswa mampu menjelaskan gangguan/ permasalahannya dalam kesehatan Gangguan/ permasalahannya dalam kesehatan Masalah gangguan pada kesehatan

  1. Infertilitas
  2. Seksual Transmitted Deseases (STD)/ infeksi Menular Seksual (IMS)
  3. Gangguan haid pre
  4. Pelvic Inflamatry Desease (PID)
  5. Unwanted Pregnancy dan aborsi
  6. Hormon Replacement Therapy (HRT)
    1. Skrining untuk keganasan dan penyakit sistemik
2,3,4,5

UTS (18-29 Maret 2013)

8-10

Mahasiswa mampu menjelaskan dimensi sosial wanita dan permasalahannya dan kesehatan reproduksi dalam perspektif gender Dimensi sosial wanita dan permasalahannya
  1. Status sosial wanita.
  2. Nilai wanita
  3. Peran wanita
  4. Permasalahan kesehatan wanita dalam dimensi sosial dan upaya mengatasinya
    1. Kekerasan
      1. Perkosaan
      2. Pelecehan seksual
      3. Single parent
      4. Perkawinan usia muda dan tua
      5. Wanita ditempat kerja
      6. Incest
      7. Home less
      8. Wanita di pusat rehabilitasi
      9. Pekerja seks komersial
      10. Drug abuse
      11. Pendidikan
      12. Upah
4,5,7

11

Mahasiswa mampu menjelaskan Kesehatan reproduksi dalam perspektif gender Kesehatan reproduksi dalam perspektif gender
  1. Seksualitas dan gender
  2. Budaya yang berpengaruh terhadap gender
  3. Diskriminasi gender
  4. Seksualitas dan gender
  5. Budaya yang berpengaruh pada diskriminasi gender
1,2,4,5

12-13

Mahasiswa mampu menjelaskan upaya promotif dan preventif menurut Leavel dan Clark serta Upaya promotif dan preventif menurut Leavel dan Clark
  1. Health promotion
  2. Specific protection
  3. Early diagnosis and promotif treatment
  4. Disabilitation
  5. Rehabilitation
1,2,4,5,6

14

Mahasiswa mampu menjelaskan indikator status kesehatan wanita Indikator status kesehatan wanita
  1. Pendidikan
  2. Penghasilan
  3. Usia harapan hidup
  4. Angka kematian ibu
  5. Tingkat kesuburan
1,2,3,4,5,6

UAS (13-24 Maret 2013)

 

 

Jember, 7 Mei 2012

Koordinator Mata Kuliah,

……………………………

NIP.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

7. RANCANGAN PEMBELAJARAN (RP)

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Rancangan Pembelajaran (RP)

 

Mata kuliah                                       : Kesehatan Reproduksi

Semester/ SKS                                   : II (Genap)

Program Studi                                   : Kebidanan

Pembina mata kuliah                        :

Pertemuan                                         : 1-2

 

  1. a.    Standar kompetensi

Setelah mengikuti perkuliahan kesehatan reproduksi, mahasiswa mampu berpikir sistematis dan komprehensif dalam memahami teori dan konsep Kesehatan Reproduksi.

 

  1. b.   Kompetensi dasar

Setelah mengikuti mata kuliah ini mahasiswa akan dapat menjelaskan tentang konsep kesehatan reproduksi dan sejarah kesehatan wanita di Indonesia

 

  1. c.    Indikator :
    1. 1.      Menjelaskan Definisi Kesehatan Reproduksi.
    2. Menjelaskan Ruang lingkup Kesehatan Reproduksi dalam siklus kehidupan
    3. Menentukan Hak-hak reproduksi
    4. Menjelaskan Asuhan Kesehatan Reproduksi pada remaja
    5. Melibatkan wanita dalam pengambilan keputusan

 

  1. d.   Materi pokok :

Pembahasan rencana pembelajaran dan mendiskusikan konsep kesehatan reproduksi, sejarah kesehatan wanita di Indonesia

  1. e.    Rincian materi pembelajaran:
    1. Pembahasan Rencana Pembelajaran
    2. Diskusi Rencana Pembelajaran
    3. Pembahasan konsep kesehatan reproduksi dan sejarah kesehatan wanita di Indonesia
    4. Menetapkan konsep kesehatan reproduksi dan sejarah kesehatan wanita di Indonesia
    5. Mendiskusikan konsep kesehatan reproduksi dan sejarah kesehatan wanita di Indonesia
  1. f.     Waktu :

2 x 100 menit

  1. g.    Bahan/ alat yang diperlukan :
    1. LCD
    2. Laptop
    3. White board, spidaol dan penghapus
  1. h.   Model pembelajaran
    1. Jenis model pembelajaran          :  diskusi dan ceramah
    2. Landasan Teori                          :  konstruktivisme
    3. Langkah Pokok                         :
      1. menciptakan suasana kelas yang baik;
      2. mengajukan masalah;
      3. membuat keputusan  nilai personal;
      4. mengidentifikasi pilihan tindakan;
      5. memberi komentar;
      6. menetapkan tindak lanjut.
  1. i.      Persiapan

Mahasiswa mencari materi yang akan diberikan yaitu tentang konsep kesehatan reproduksi dan sejarah kesehatan wanita di Indonesia dari buku teks maupun internet.

  1. j.     Proses pembelajaran

Proses

Kegiatan Pengajar

Waktu

Pendahuluan
  1. Memberikan salam, memperkenalkan diri, dan membuka pembelajaran.
  2. Menjelaskan kontrak program perkuliahan satu semester.
  3. Menjelaskan standar kompetensi yang akan diberikan selama satu semester terutama pada pertemuan 1 sampai dengan pertemuan 2.

2 x 10 menit

Penyajian
  1. Penjelasan materi: konsep kesehatan reproduksi dan sejarah kesehatan wanita di Indonesia
  2. Diskusi dan tanya jawab tentang: konsep kesehatan reproduksi dan sejarah kesehatan wanita di Indonesia
  3. Memberi komentar tentang jawaban mahasiswa.

2 x 60 menit

Penutup
  1. Menutup pertemuan: memberikan post-test
  2. Menyimpulkan materi yang telah di bahas.
  3. Memberikan gambaran tentang materi perkuliahan yang akan datang.
  4. Menutup pertemuan, memberi salam.

2 x 30 menit

 

  1. k.   Penilaian

Penugasan: Membuat resume tentang konsep kesehatan reproduksi dan sejarah kesehatan wanita di Indonesia

  1. l.      Referensi
    1. 1.        Prof. IBG Manuaba. 1999. Memahami Kesehatan Reproduksi Wanita. Jakarta: EGC
    2. 2.        Dwi Maryamati, dkk. 2009. Buku Ajar Kesehatan Reproduksi Teori dan Praktikum. Yogyakarta: Nuha Medika
    3. 3.        Hanifa, dkk. 1999. Ilmu Kandungan. Jakarta: YBP-SP
    4. 4.        Prof. IBG Manuaba. 1998. Ilmu Kebidanan, Penyakit Kandungan dan KB untuk Pendidikan Bidan. Jakarta: EGC
    5. 5.        Yani Widyastuti, dkk. 2009. Kesehatan Reproduksi. Yogyakarta: Fitramaya
    6. 6.        Wahid Iqbal M, dkk. 2007. Promosi Kesehatan. Yogyakarta: Graha Ilmu

 

Jember,………..2011

Koordinator Mata Kuliah,

………………………………

NIP.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Rancangan Pembelajaran (RP)

 

Mata kuliah                                       : Kesehatan Reproduksi

Semester/ SKS                                   : II (Genap)

Program Studi                                   : Kebidanan

Pembina mata kuliah                        : Muryati Indah, Amd. Keb.

Pertemuan                                         : 3-4

 

  1. a.    Standar kompetensi

Setelah mengikuti perkuliahan kesehatan reproduksi, mahasiswa mampu berpikir sistematis dan komprehensif dalam memahami teori dan konsep Kesehatan Reproduksi.

 

  1. b.   Kompetensi dasar

Setelah mengikuti mata kuliah ini mahasiswa akan dapat menjelaskan kesehatan wanita sepanjang siklus kehidupan ditinjau dari aspek biologis, psikologis, sosiologis, dan spiritual serta pemantauan tumbuh kembang wanita sepanjang daur kehidupannya

 

  1. c.    Indikator :
  2. Menjelaskan siklus kesehatan wanita, konsepsi, bayi, dan anak, remaja, dewasa, dan usia lanjut.
    1. Menetukan perubahan yang terjadi pada setiap tahap
    2. Menjelaskan faktor-faktor yang mempengaruhi
    3. Menentukan aspek fisik dan psikososial yang dikaji dalam setiap tahap kehidupan
    4. Menentukan indikator pemantauan

 

  1. d.   Materi pokok :

Kesehatan wanita sepanjang siklus kehidupan dan pemantauan tumbuh kembang wanita sepanjang daur kehidupannya

  1. e.    Rincian materi pembelajaran:
  2. Pembahasan Rencana Pembelajaran
  3. Diskusi Rencana Pembelajaran
  4. Pembahasan Kesehatan wanita sepanjang siklus kehidupan dan pemantauan tumbuh kembang wanita sepanjang daur kehidupannya
  5. Menetapkan Kesehatan wanita sepanjang siklus kehidupan dan pemantauan tumbuh kembang wanita sepanjang daur kehidupannya
  6. Mendiskusikan Kesehatan wanita sepanjang siklus kehidupan dan pemantauan tumbuh kembang wanita sepanjang daur kehidupannya
  1. f.     Waktu :

2 x 100 menit

  1. g.    Bahan/ alat yang diperlukan
  2. LCD
  3. Laptop
  4. White board, spidol dan penghapus

 

  1. h.   Model pembelajaran
  2. Jenis model pembelajaran          :  diskusi dan ceramah
    1. Landasan Teori                          :  konstruktivisme
    2. Langkah Pokok                         :
    3. menciptakan suasana kelas yang baik;
      1. mengajukan masalah;
      2. membuat keputusan  nilai personal;
      3. mengidentifikasi pilihan tindakan;
      4. memberi komentar;
      5. menetapkan tindak lanjut.
  1. i.      Persiapan

Mahasiswa mencari materi kesehatan wanita sepanjang siklus kehidupan dan pemantauan tumbuh kembang wanita sepanjang daur kehidupannya dari buku teks maupun internet.

  1. j.     Proses pembelajaran

Proses

Kegiatan Pengajar

Waktu

Pendahuluan
  1. Memberikan salam, memperkenalkan diri, dan membuka pembelajaran.
  2. Menjelaskan standar kompetensi yang akan diberikan.

2 x 10 menit

Penyajian
  1. Penjelasan materi: kesehatan wanita sepanjang siklus kehidupan dan pemantauan tumbuh kembang wanita sepanjang daur kehidupannya Diskusi dan tanya jawab tentang: anatomi dan fisiologi kesehatan reproduksi.
  2. Memberi komentar tentang jawaban mahasiswa.

2 x 60 menit

Penutup
  1. Menutup pertemuan: menunjuk beberapa mahasiswa untuk menjawab pertanyaan tentang kesehatan wanita sepanjang siklus kehidupan dan pemantauan tumbuh kembang wanita sepanjang daur kehidupannya
  2. Memberi kesempatan mahasiswa lain untuk berkomentar/bertanya.
  3. Menyimpulkan materi yang telah di bahas.
  4. Memberikan gambaran tentang materi perkuliahan yang akan datang.
  5. Menutup pertemuan, memberi salam.

2 x 30 menit

 

 

 

 

  1. k.   Penilaian

Penugasan:

Membuat makalah secara berkelompok tentang kesehatan wanita sepanjang siklus kehidupan dan pemantauan tumbuh kembang wanita sepanjang daur kehidupannya.

  1. l.      Referensi

 

  1. Prof. IBG Manuaba. 1999. Memahami Kesehatan Reproduksi Wanita. Jakarta: EGC
  2. Dwi Maryamati, dkk. 2009. Buku Ajar Kesehatan Reproduksi Teori dan Praktikum. Yogyakarta: Nuha Medika
  3. Hanifa, dkk. 1999. Ilmu Kandungan. Jakarta: YBP-SP
  4. Prof. IBG Manuaba. 1998. Ilmu Kebidanan, Penyakit Kandungan dan KB untuk Pendidikan Bidan. Jakarta: EGC
  5. Yani Widyastuti, dkk. 2009. Kesehatan Reproduksi. Yogyakarta: Fitramaya
  6. Wahid Iqbal M, dkk. 2007. Promosi Kesehatan. Yogyakarta: Graha Ilmu.

 

 

 

 

 

 

 

Jember,………..2011

Koordinator Mata Kuliah,

…………………………….

NIP.

 

Rancangan Pembelajaran (RP)

 

Mata kuliah                                       : Kesehatan Reproduksi

Semester/ SKS                                   : II (Genap)

Program Studi                                   : Kebidanan

Pembina mata kuliah                        : Muryati Indah, Amd. Keb.

Pertemuan                                         : 5-7

 

  1. a.    Standar kompetensi

Setelah mengikuti perkuliahan kesehatan reproduksi, mahasiswa mampu berpikir sistematis dan komprehensif dalam memahami teori dan konsep Kesehatan Reproduksi.

 

  1. b.   Kompetensi dasar

Setelah mengikuti mata kuliah ini mahasiswa akan dapat menjelaskan gangguan/ permasalahannya dalam kesehatan

 

  1. c.    Indikator :

1.     Menjelaskan Infertilitas.

2.     Menjelaskan Seksual Transmitted Deseases (STD)/ infeksi Menular Seksual (IMS).

3.     Menjelaskan Gangguan haid pre

4.     Menjelaskan Pelvic Inflamatry Desease (PID)

5.     Menjelaskan Unwanted Pregnancy dan aborsi

6.     Menjelaskan Hormon Replacement Therapy (HRT)

7.Menjelaskan Skrining untuk keganasan dan penyakit sistemik

 

  1. d.   Materi pokok :

Membahas gangguan/ permasalahannya dalam kesehatan terkait dalam bidang kebidanan.

  1. e.    Rincian materi pembelajaran:
  2. Pembahasan Rencana Pembelajaran
  3. Diskusi Rencana Pembelajaran
  4. Pembahasan gangguan/ permasalahannya dalam kesehatan terkait dalam bidang kebidanan
  5. Menetapkan gangguan/ permasalahannya dalam kesehatan terkait dalam bidang kebidanan
  6. Mendiskusikan gangguan/ permasalahannya dalam kesehatan terkait dalam bidang kebidanan
  1. f.     Waktu :

3 x 100 menit

  1. g.    Bahan/ alat yang diperlukan
  2. LCD
  3. Laptop
  4. White board, spidol dan penghapus

 

  1. h.   Model pembelajaran
  2. Jenis model pembelajaran          :  diskusi dan ceramah
  3. Landasan Teori                          :  konstruktivisme
  4. Langkah Pokok                         :
    1. menciptakan suasana kelas yang baik;
      1. mengajukan masalah;
      2. membuat keputusan  nilai personal;
      3. mengidentifikasi pilihan tindakan;
      4. memberi komentar;
      5. menetapkan tindak lanjut.
  1. i.      Persiapan

Mahasiswa mencari materi gangguan/ permasalahannya dalam kesehatan terkait dalam bidang kebidanan dari buku teks maupun internet

  1. j.     Proses pembelajaran

Proses

Kegiatan Pengajar

Waktu

Pendahuluan
  1. Memberikan salam, memperkenalkan diri, dan membuka pembelajaran.
  2. Menjelaskan standar kompetensi yang akan diberikan.

3 x 10 menit

Penyajian
  1. Penjelasan materi:. gangguan/ permasalahannya dalam kesehatan terkait dalam bidang kebidanan
  2. Memberi komentar tentang jawaban mahasiswa.

3 x 60 menit

Penutup
  1. Menutup pertemuan: menunjuk beberapa mahasiswa untuk menjawab pertanyaan tentang gangguan/ permasalahannya dalam kesehatan terkait dalam bidang kebidanan
  2. Memberi kesempatan mahasiswa lain untuk berkomentar/bertanya.
  3. Menyimpulkan materi yang telah di bahas.
  4. Memberikan gambaran tentang materi perkuliahan yang akan datang.
  5. Menutup pertemuan, memberi salam.

3 x 30 menit

 

  1. k.   Penilaian

Penugasan:

Membuat makalah secara berkelompok tentang. gangguan/ permasalahannya dalam kesehatan terkait dalam bidang kebidanan

  1. l.      Referensi

 

  1. Prof. IBG Manuaba. 1999. Memahami Kesehatan Reproduksi Wanita. Jakarta: EGC
  2. Dwi Maryamati, dkk. 2009. Buku Ajar Kesehatan Reproduksi Teori dan Praktikum. Yogyakarta: Nuha Medika
  3. Hanifa, dkk. 1999. Ilmu Kandungan. Jakarta: YBP-SP
  4. Prof. IBG Manuaba. 1998. Ilmu Kebidanan, Penyakit Kandungan dan KB untuk Pendidikan Bidan. Jakarta: EGC
  5. Yani Widyastuti, dkk. 2009. Kesehatan Reproduksi. Yogyakarta: Fitramaya
  6. Wahid Iqbal M, dkk. 2007. Promosi Kesehatan. Yogyakarta: Graha Ilmu.

 

 

 

 

 

Jember,………..2011

Koordinator Mata Kuliah,

…………………………….

NIP.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Rancangan Pembelajaran (RP)

 

Mata kuliah                                       : Kesehatan Reproduksi

Semester/ SKS                                   : II (Genap)

Program Studi                                   : Kebidanan

Pembina mata kuliah                        : Muryati Indah, Amd. Keb.

Pertemuan                                         : 8-10

 

  1. a.    Standar kompetensi

Setelah mengikuti perkuliahan kesehatan reproduksi, mahasiswa mampu berpikir sistematis dan komprehensif dalam memahami teori dan konsep Kesehatan Reproduksi.

 

  1. b.   Kompetensi dasar

Setelah mengikuti mata kuliah ini mahasiswa akan dapat menjelaskan dimensi sosial wanita dan permasalahannya.

 

  1. c.    Indikator :
  2. Menjelaskan status sosial wanita.
  3. Menentukan nilai wanita
  4. Menjelaskan Peran wanita
  5. Membahas permasalahan kesehatan wanita dalam dimensi sosial dan upaya mengatasinya :
    1. Kekerasan
    2. Perkosaan
    3. Pelecehan seksual
    4. Single parent
    5. Perkawinan usia muda dan tua
    6. Wanita ditempat kerja
    7. Incest
    8. Home less
    9. Wanita di pusat rehabilitasi
    10. Pekerja seks komersial
    11. Drug abuse
    12. Pendidikan
    13. upah           

 

  1. d.   Materi pokok :

Pembahasan pembelajaran dan mendiskusikan tentang dimensi sosial dan permasalahannya.

  1. e.    Rincian materi pembelajaran:
  2. Pembahasan Rencana Pembelajaran
  3. Diskusi Rencana Pembelajaran
  4. Pembahasan dimensi sosial dan permasalahannya
  5. Menetapkan dimensi sosial dan permasalahannya
  6. Mendiskusikan dimensi sosial dan permasalahannya
  1. f.     Waktu :

3 x 100 menit

  1. g.    Bahan/ alat yang diperlukan
  2. LCD
  3. Laptop
  4. White board, spidol dan penghapus

 

  1. h.   Model pembelajaran
  2. Jenis model pembelajaran          :  diskusi dan ceramah
  3. Landasan Teori                          :  konstruktivisme
  4. Langkah Pokok                         :
    1. menciptakan suasana kelas yang baik;
      1. mengajukan masalah;
      2. membuat keputusan  nilai personal;
      3. mengidentifikasi pilihan tindakan;
      4. memberi komentar;
      5. menetapkan tindak lanjut.
  1. i.      Persiapan

Mahasiswa mencari materi dimensi sosial dan permasalahannya dari buku teks maupun internet

  1. j.     Proses pembelajaran

Proses

Kegiatan Pengajar

Waktu

Pendahuluan
  1. Memberikan salam, memperkenalkan diri, dan membuka pembelajaran.
  2. Menjelaskan standar kompetensi yang akan diberikan.

3 x 10 menit

Penyajian
  1. Penjelasan materi: dimensi sosial dan permasalahannya
  2. Memberi komentar tentang jawaban mahasiswa.

3 x 60 menit

Penutup
  1. Menutup pertemuan: menunjuk beberapa mahasiswa untuk menjawab pertanyaan tentang dimensi sosial dan permasalahannya
  2. Memberi kesempatan mahasiswa lain untuk berkomentar/bertanya.
  3. Menyimpulkan materi yang telah di bahas.
  4. Memberikan gambaran tentang materi perkuliahan yang akan datang.
  5. Menutup pertemuan, memberi salam.

3 x 30 menit

 

  1. k.   Penilaian

Penugasan:

Membuat makalah secara berkelompok tentang. dimensi sosial dan permasalahannya

  1. l.      Referensi

 

  1. Prof. IBG Manuaba. 1999. Memahami Kesehatan Reproduksi Wanita. Jakarta: EGC
  2. Dwi Maryamati, dkk. 2009. Buku Ajar Kesehatan Reproduksi Teori dan Praktikum. Yogyakarta: Nuha Medika
  3. Hanifa, dkk. 1999. Ilmu Kandungan. Jakarta: YBP-SP
  4. Prof. IBG Manuaba. 1998. Ilmu Kebidanan, Penyakit Kandungan dan KB untuk Pendidikan Bidan. Jakarta: EGC
  5. Yani Widyastuti, dkk. 2009. Kesehatan Reproduksi. Yogyakarta: Fitramaya
  6. Wahid Iqbal M, dkk. 2007. Promosi Kesehatan. Yogyakarta: Graha Ilmu.

 

 

Jember,………..2011

Koordinator Mata Kuliah,

…………………………….

NIP.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Rancangan Pembelajaran (RP)

 

Mata kuliah                                       : Kesehatan Reproduksi

Semester/ SKS                                   : II (Genap)

Program Studi                                   : Kebidanan

Pembina mata kuliah                        : Muryati Indah, Amd. Keb.

Pertemuan                                         : 11

 

  1. a.    Standar kompetensi

Setelah mengikuti perkuliahan kesehatan reproduksi, mahasiswa mampu berpikir sistematis dan komprehensif dalam memahami teori dan konsep Kesehatan Reproduksi.

 

  1. b.   Kompetensi dasar

Setelah mengikuti mata kuliah ini mahasiswa akan dapat menjelaskan kesehatan reproduksi dalam perspektif gender.

 

  1. c.    Indikator :
  2. Menjelaskan seksualitas dan gender
  3. Menjelaskan budaya yang berpengaruh terhadap gender
  4. Menjelaskan diskriminasi gender
  5. Menjelaskan budaya yang berpengaruh pada diskriminasi gender
  1. d.   Materi pokok :

Pembahasan rencana pembelajaran dan mendiskusikan kesehatan reproduksi dalam perspektif gender

  1. e.    Rincian materi pembelajaran:
  2. Pembahasan Rencana Pembelajaran
  3. Diskusi Rencana Pembelajaran
  4. Pembahasan kesehatan reproduksi dalam perspektif gender
  5. Menetapkan kesehatan reproduksi dalam perspektif gender
  6. Mendiskusikan kesehatan reproduksi dalam perspektif gender
  1. f.     Waktu :

1 x 100 menit

  1. g.    Bahan/ alat yang diperlukan
  2. LCD
  3. Laptop
  4. White board, spidol dan penghapus

 

  1. h.   Model pembelajaran
  2. Jenis model pembelajaran          :  Presentasi dan diskusi
  3. Landasan Teori                          :  konstruktivisme
  4. Langkah Pokok                         :
    1. menciptakan suasana kelas yang baik;
    2. mengajukan masalah;
    3. membuat keputusan  nilai personal;
    4. mengidentifikasi pilihan tindakan;
    5. memberi komentar;
    6. menetapkan tindak lanjut.
  1. i.      Persiapan

Mahasiswa mencari materi kesehatan reproduksi dalam perspektif gender dari buku teks maupun internet

  1. j.     Proses pembelajaran

Proses

Kegiatan Pengajar

Waktu

Pendahuluan
  1. Memberikan salam, memperkenalkan diri, dan membuka pembelajaran.
  2. Menjelaskan standar kompetensi yang akan diberikan.

1 x 10 menit

Penyajian
  1. Penjelasan materi:. kesehatan reproduksi dalam perspektif gender
  2. Memberi komentar tentang jawaban mahasiswa.

1 x 60 menit

Penutup
  1. Menutup pertemuan: menunjuk beberapa mahasiswa untuk menjawab pertanyaan tentang kesehatan reproduksi dalam perspektif gender
  2. Memberi kesempatan mahasiswa lain untuk berkomentar/bertanya.
  3. Menyimpulkan materi
  4. Memberikan gambaran tentang materi perkuliahan yang akan datang.
  5. Menutup pertemuan, memberi salam.

1 x 30 menit

 

  1. k.   Penilaian

Penugasan:

Membuat makalah secara berkelompok tentang. kesehatan reproduksi dalam perspektif gender

  1. l.      Referensi
    1. Prof. IBG Manuaba. 1999. Memahami Kesehatan Reproduksi Wanita. Jakarta: EGC
    2. Dwi Maryamati, dkk. 2009. Buku Ajar Kesehatan Reproduksi Teori dan Praktikum. Yogyakarta: Nuha Medika
    3. Hanifa, dkk. 1999. Ilmu Kandungan. Jakarta: YBP-SP
    4. Prof. IBG Manuaba. 1998. Ilmu Kebidanan, Penyakit Kandungan dan KB untuk Pendidikan Bidan. Jakarta: EGC
    5. Yani Widyastuti, dkk. 2009. Kesehatan Reproduksi. Yogyakarta: Fitramaya
    6. Wahid Iqbal M, dkk. 2007. Promosi Kesehatan. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Jember,………..2011

Koordinator Mata Kuliah,

…………………………….

NIP.

Rancangan Pembelajaran (RP)

 

Mata kuliah                                       : Kesehatan Reproduksi

Semester/ SKS                                   : II (Genap)

Program Studi                                   : Kebidanan

Pembina mata kuliah                        : Muryati Indah, Amd. Keb.

Pertemuan                                         : 12-13

 

  1. a.    Standar kompetensi

Setelah mengikuti perkuliahan kesehatan reproduksi, mahasiswa mampu berpikir sistematis dan komprehensif dalam memahami teori dan konsep Kesehatan Reproduksi.

 

  1. b.   Kompetensi dasar

Setelah mengikuti mata kuliah ini mahasiswa akan dapat menjelaskan upaya promotif dan preventif menurut Leavel dan Clark

 

  1. c.    Indikator :
  2. Menjelaskan Health promotion
  3. Specific protection
  4. Early diagnosis and promotif treatment
  5. Disabilitation
  6. Rehabilitation

 

  1. d.   Materi pokok :

Pembahasan pembelajaran dan mendiskusikan upaya promotif dan preventif menurut Leavel dan Clark

  1. e.    Rincian materi pembelajaran:
    1. Pembahasan Rencana Pembelajaran
    2. Diskusi Rencana Pembelajaran
    3. Pembahasan
    4. Menetapkan
    5. Mendiskusikan
  1. f.     Waktu :

2 x 100 menit

  1. g.    Bahan/ alat yang diperlukan
  2. LCD
  3. Laptop
  4. White board, spidol dan penghapus

 

  1. h.   Model pembelajaran
  2. Jenis model pembelajaran          :  diskusi dan ceramah
    1. Landasan Teori                          :  konstruktivisme
    2. Langkah Pokok                         :
      1. menciptakan suasana kelas yang baik;
      2. mengajukan masalah;
      3. membuat keputusan  nilai personal;
      4. mengidentifikasi pilihan tindakan;
      5. memberi komentar;
      6. menetapkan tindak lanjut.
  1. i.      Persiapan

Mahasiswa mencari materi upaya promotif dan preventif menurut Leavel dan Clark dari buku teks maupun internet

  1. j.     Proses pembelajaran

Proses

Kegiatan Pengajar

Waktu

Pendahuluan
  1. Memberikan salam, memperkenalkan diri, dan membuka pembelajaran.
  2. Menjelaskan standar kompetensi yang akan diberikan.

2 x 10 menit

Penyajian
  1. Penjelasan materi:. upaya promotif dan preventif menurut Leavel dan Clark
  2. Memberi komentar tentang jawaban mahasiswa.

2 x 60 menit

Penutup
  1. Menutup pertemuan: menunjuk beberapa mahasiswa untuk menjawab pertanyaan tentang upaya promotif dan preventif menurut Leavel dan Clark
  2. Memberi kesempatan mahasiswa lain untuk berkomentar/bertanya.
  3. Menyimpulkan materi yang telah di bahas.
  4. Memberikan gambaran tentang materi perkuliahan yang akan datang.
  5. Menutup pertemuan, memberi salam.

2 x 30 menit

 

  1. k.   Penilaian

Penugasan: Membuat makalah secara berkelompok tentang. upaya promotif dan preventif menurut Leavel dan Clark

  1. l.      Referensi
    1. Prof. IBG Manuaba. 1999. Memahami Kesehatan Reproduksi Wanita. Jakarta: EGC
    2. Dwi Maryamati, dkk. 2009. Buku Ajar Kesehatan Reproduksi Teori dan Praktikum. Yogyakarta: Nuha Medika
    3. Hanifa, dkk. 1999. Ilmu Kandungan. Jakarta: YBP-SP
    4. Prof. IBG Manuaba. 1998. Ilmu Kebidanan, Penyakit Kandungan dan KB untuk Pendidikan Bidan. Jakarta: EGC
    5. Yani Widyastuti, dkk. 2009. Kesehatan Reproduksi. Yogyakarta: Fitramaya
    6. Wahid Iqbal M, dkk. 2007. Promosi Kesehatan. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Jember,………..2011

Koordinator Mata Kuliah,

…………………………….

NIP.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Rancangan Pembelajaran (RP)

 

Mata kuliah                                       : Kesehatan Reproduksi

Semester/ SKS                                   : II (Genap)

Program Studi                                   : Kebidanan

Pembina mata kuliah                        : Muryati Indah, Amd. Keb.

Pertemuan                                         : 14

 

  1. a.    Standar kompetensi

Setelah mengikuti perkuliahan kesehatan reproduksi, mahasiswa mampu berpikir sistematis dan komprehensif dalam memahami teori dan konsep Kesehatan Reproduksi.

 

  1. b.   Kompetensi dasar

Setelah mengikuti mata kuliah ini mahasiswa akan dapat menjelaskan indikator status kesehatan wanita

 

  1. c.    Indikator :
    1. Pendidikan
    2. Penghasilan
    3. Usia harapan hidup
    4. Angka kematian ibu
    5. Tingkat kesuburan

 

  1. d.   Materi pokok :

Pembahasan dan mendiskusikan indikator status kesehatan wanita

  1. e.    Rincian materi pembelajaran:
  2. Pembahasan Rencana Pembelajaran
  3. Diskusi Rencana Pembelajaran
  4. Pembahasan indikator status kesehatan wanita
  5. Menetapkan indikator status kesehatan wanita
  6. Mendiskusikan indikator status kesehatan wanita
  1. f.     Waktu :

1 x 100 menit

  1. g.    Bahan/ alat yang diperlukan
  2. LCD
  3. Laptop
  4. White board, spidol dan penghapus

 

  1. h.   Model pembelajaran
  2. Jenis model pembelajaran          :  diskusi dan ceramah
  3. Landasan Teori                          :  konstruktivisme
  4. Langkah Pokok                         :
    1. menciptakan suasana kelas yang baik;
      1. mengajukan masalah;
      2. membuat keputusan  nilai personal;
      3. mengidentifikasi pilihan tindakan;
      4. memberi komentar;
      5. menetapkan tindak lanjut.
  1. i.      Persiapan

Mahasiswa mencari materi indikator status kesehatan wanita dari buku teks maupun internet

  1. j.     Proses pembelajaran

Proses

Kegiatan Pengajar

Waktu

Pendahuluan
  1. Memberikan salam, memperkenalkan diri, dan membuka pembelajaran.
  2. Menjelaskan standar kompetensi yang akan diberikan.

1 x 10 menit

Penyajian
  1. Penjelasan materi:. indikator status kesehatan wanita
  2. Memberi komentar tentang jawaban mahasiswa.

1 x 60 menit

Penutup
  1. Menutup pertemuan: menunjuk beberapa mahasiswa untuk menjawab pertanyaan tentang indikator status kesehatan wanita
  2. Memberi kesempatan mahasiswa lain untuk berkomentar/bertanya.
  3. Menyimpulkan materi yang telah di bahas.
  4. Memberikan gambaran tentang materi perkuliahan yang akan datang.
  5. Menutup pertemuan, memberi salam.

1 x 30 menit

 

  1. k.   Penilaian

Penugasan: Membuat makalah secara berkelompok tentang. indikator status kesehatan wanita

  1. l.      Referensi
    1. Prof. IBG Manuaba. 1999. Memahami Kesehatan Reproduksi Wanita. Jakarta: EGC
    2. Dwi Maryamati, dkk. 2009. Buku Ajar Kesehatan Reproduksi Teori dan Praktikum. Yogyakarta: Nuha Medika
    3. Hanifa, dkk. 1999. Ilmu Kandungan. Jakarta: YBP-SP
    4. Prof. IBG Manuaba. 1998. Ilmu Kebidanan, Penyakit Kandungan dan KB untuk Pendidikan Bidan. Jakarta: EGC
    5. Yani Widyastuti, dkk. 2009. Kesehatan Reproduksi. Yogyakarta: Fitramaya
    6. Wahid Iqbal M, dkk. 2007. Promosi Kesehatan. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Jember,………..2011

Koordinator Mata Kuliah,

…………………………….

NIP.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

LAMPIRAN

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Format: Penilaian Praktikum Aspek Kognitif

KEMENTRIAN PENDIDIKAN NASIONAL

AKADEMI KEBIDANAN BINA HUSADA

PROGRAM STUDI D3 KEBIDANAN

Jalan Antirogo No 25 Kampus Kebidanan, Sumbersari, Jember

Telp (0331) 3301193

Nama Mahasiswa                    :

Tindakan Kebidanan               :

Tanggal Pelaksanaan               :

Dosen Penguji                         :

Tempat Pelaksanaan                :

 

No.

 

Aspek yang dinilai

Nilai  )*

 

Bobot

 

Nilai

Nilai

   X Bobot

0

1

2

3

4

1.

Mampu mengidentifikasi kebutuhan pasien

20

2.

Mampu menjelaskan konsep kesehatan reproduksi

30

4.

Mampu menghubungkan tindakan yang dilakukan dengan keluhan pasien

20

5.

Mampu menyimpulkan tindakan yang telah dilakukan

15

6.

Mampu mengemukakan jawaban secara SMART

15

           Total (Σ)

100

   

 

 

 

 

 

 

 * Keterangan :

0 : Tidak mampu mengemukakan argumentasi

1 : Mengemukakan argumentasi tetapi tidak sesuai dengan konteks

2 : Dapat mengemukakan argumentasi sesuai dengan konteks tetapi tidak ilmiah

3 : Dapat mengemukakan argumentasi secara ilimiah sesuai dengan konteks tetapi kurang lengkap

4 : Dapat mengemukakan argumentasi secara lengkap dan ilimiah serta sesuai dengan konteks

Nilai (K) = Σ(Nilai X Bobot)   X 100 =…………….. (Bobot Nilai Kognitif 30%)

400

Mahasiswa

(…………………………………………….)

Jember, ………………..2011

Dosen Penguji

(…………………………………………….)

Format: Penilaian Praktikum Aspek Psikomotor

KEMENTRIAN PENDIDIKAN NASIONAL

AKADEMI KEBIDANAN BINA HUSADA

PROGRAM STUDI D3 KEBIDANAN

Jalan Antirogo No 25 Kampus Kebidanan, Sumbersari, Jember

Telp (0331) 3301193

Nama Mahasiswa                    :

Tindakan Kebidanan               :

Tanggal Pelaksanaan               :

Dosen Penguji                         :

Tempat Pelaksanaan                :

No

Aspek yang dinilai

 

Nilai )*

Bobot

Nilai

Nilai X Bobot

0

1

2

3

4

1.

Persiapan Pasien

  1. Berikan salam, perkenalkan diri anda, dan identifikasi klien dengan cermat.
  2. Jelaskan tentang prosedur tindakan yang akan dilakukan, berikan kesempatan kepada klien untuk bertanya dan jawab.
  3. Minta pengunjung untuk meninggalkan ruangan, beri privasi kepada klien.
  4. Atur posisi klien sehingga merasakan aman dan nyaman

15

2.

Persiapan Alat

Baki Beralas Berisi:

  1.  
  2.  
  3.  

15

3.

Cara Bekerja

60

4.

Hasil

(Dokumentasikan nama tindakan, tanggal, jam tindakan, hasil yang diperoleh, respon klien selama tindakan nama dan paraf bidan)

10

* Keterangan :

0 : tidak dilakukan sama sekali

1 : dilakukan tapi tidak sempurna

2 : dilakukan dengan bantuan (penguji, teman)

3 : dilakukan mendekati sempurna

4 : dilakukan dengan sempurna

Nilai (P) = Σ(Nilai X Bobot)   X 100 =

400

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Format: Penilaian Pendokumentasian Tindakan Kebidanan

KEMENTRIAN PENDIDIKAN NASIONAL

AKADEMI KEBIDANAN BINA HUSADA

PROGRAM STUDI D3 KEBIDANAN

Jalan Antirogo No 25 Kampus Kebidanan, Sumbersari, Jember

Telp (0331) 3301193

Nama Mahasiswa                    :

Tindakan Kebidanan               :

Tanggal Pelaksanaan               :

Dosen Penguji                         :

Tempat Pelaksanaan                :

No

Aspek yang Didokumentasikan

Pendokumentasian

1 Nama tindakan
2 Jam tindakan
3 Hasil yang diperoleh
4 Respon klien selama tindakan

nama dan paraf bidan yang melaksanakan

(……………………………………………………)

Format: Penilaian Praktikum Aspek Afektif

KEMENTRIAN PENDIDIKAN NASIONAL

AKADEMI KEBIDANAN BINA HUSADA

PROGRAM STUDI D3 KEBIDANAN

Jalan Antirogo No 25 Kampus Kebidanan, Sumbersari, Jember

Telp (0331) 3301193

Nama Mahasiswa                    :

Tindakan Kebidanan               :

Tanggal Pelaksanaan               :

Dosen Penguji                         :

Tempat Pelaksanaan                :

 

No.

 

            Aspek yang dinilai

Nilai  )*

 

Bobot

 

Nilai

Nilai

   X Bobot

0

1

2

3

4

1.

Menjalin hubungan saling percaya dengan pasien

20

2.

Bersikap empati

20

3.

Tanggap terhadap respon pasien

20

4.

Kreatif dan mempunyai inisiatif

10

5.

Mempertahankan keamanan dan privasi pasien

10

6.

Hati-hati dan teliti dalam bekerja (bekerja sistematik)

10

7.

Penampilan rapi dan bersih

10

           Total (Σ)

100

   

* Keterangan :

0 : tidak ada penampilan yang didemonstrasikan

1 : sebagian kecil penampilan didemonstrasikan

2 : beberapa penampilan didemonstrasikan tetapi kurang adekuat

3 : sebagian besar penampilan didemonstrasikan adekuat

4 : semua penampilan didemonstrasikan secara adekuat

Nilai (A) = Σ(Nilai X Bobot)   X 100 =

400

Nilai Akhir = (Nilai (K) x 30 %) + (Nilai (P) x 50 %) + (Nilai (A) x 20 %)

Nilai Akhir:

 

Catatan:

 

Mahasiswa

(…………………………………………….)

Jember, ………………..2011

Dosen Penguji

(…………………………………………….)

 

 

About these ads

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: